Warta Jemaat 6 Agustus 2017

MARI BERBAGI

Bulan Agustus adalah bulan yang istimewa, momen kita merayakan peristiwa bersejarah bagi seluruh rakyat, yakni kemerdekaan Indonesia, yang tahun ini memasuki usia ke-72. Perayaan sukacita atas kemerdekaan Indonesia yang kita cintai akan berlangsung sepanjang bulan. Berbagai aktivitas pelayanan kepada warga masyarakat dirancang untuk menjadi salah satu cara gereja menyukuri kasih dan pemeliharan Tuhan bagi Indonesia, di mana kita sebagai gereja menjadi bagiannya. Model perayaan kemerdekaan yang demikian telah menjadi tradisi khas dari GKI Samanhudi.

Perayaan bulan Kesaksian dan Pelayanan terpadu tahun 2017 bertema “Bersahabat Itu Berbagi”. Melalui tema tersebut rasa syukur mau diwujudkan dengan cara hidup yang berbagi bersama dalam komunitas sebagai anak bangsa. Karena itu aspek berbagi akan mewarnai semua kegiatan di bulan Agustus ini, baik yang dilakukan secara personal, bersama keluarga maupun sebagai gereja yang Tuhan hadirkan di tengah-tengah masyarakat.
Ada cara berbagi melalui karya kuliner. Umat berbagi hasil pelatihan pemberdayaan masyarakat yang dapat dinikmati pada pojok kopi dan teh setiap minggu. Umat yang menikmati hasil kuliner dapat berbagi dengan menyalurkan informasi maupun hasil karya peserta baik untuk konsumsi pribadi, keluarga maupun masyarakat lainnya.

Ada pula cara berbagi melalui konsultasi dan informasi di bidang kesehatan. Setiap warga jemaat yang berprofesi sebagai dokter, sesuai dengan keahliannya masing-masing, diundang dan difasilitasi untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan nasihat medis, tentang berbagai hal seputar permasalahan kesehatan.

Wadah untuk berbagi di bidang ekonomi juga difasilitasi. Setiap warga jemaat yang memiliki keahlian serta berbagai pengalaman dalam bidang usaha masing-masing; mikro dan makro dapat menjadi teman berbagi bagi masyarakat yang membutuhkan konsultasi berupa masukan, pencerahan, bimbingan, panduan maupun arahan dalam usaha yang baru akan dimulai, atau usaha yang sudah berjalan. Hal ini akan menjadi sangat bermanfaat dan memperkaya bagi kedua belah pihak. Selain bidang medis dan ekonomi, fasilitas berbagi di bidang hukum juga disediakan. Setiap warga jemaat yang berprofesi dan memiliki keahlian di bidang hukum dapat berbagi dengan memberikan informasi dan konsultasi hukum bagi masyarakat yang menghadapi berbagai persoalan hukum namun tidak mempunyai tempat untuk bertanya dan mendapatkan jawaban.

Kita juga akan berbagi pikiran dan semangat persaudaraan untuk terus menjaga dan membangun kesatuan dan persatuan bangsa melalui seminar kebangsaan bersama saudara-saudara lintas agama. Selain itu juga berbagi kepada sesama melalui kegiatan donor darah dan juga dukungan penyebaran Alkitab melalui program LAI. Kita pun akan berbagi kegembiraan dengan bermain dan beraktivitas bersama para anak yatim yang tinggal dekat dengan kita di wilayah Pintu Air.

Semangat berbagi memang punya seribu satu cara, dan semuanya akan bermanfaat serta menjadi berkat apabila saat mewujudkannya kita melandasinya dengan perintah dan teladan Yesus, yang sepanjang hidup-Nya selalu berbagi, selalu memberi. “Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabat-Nya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu” (Yohanes 15:12-13)

Karenanya, saat kita berbagi dan memberi, sesungguhnya kita sedang melakukannya untuk Dia. “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku” (Matius 25:40)

Pdt. Frida Situmorang

Download PDF

WJ06Agustus2017

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *