GEREJA KAYA INDONESIA

Diambil dari Warta Jemaat tgl. 27 Agustus 2017.

“Gereja Kaya Indonesia‟, demikian orang sering menyebut Gereja Kristen Indonesia, GKI. Ada yang mengatakannya dengan nada seloroh. Sebagian menyebutnya dengan nada bangga. Ada pula yang “memplesetkannya” dengan nada sinis.

Bagi saya, penyebutan GKI sebagai Gereja Kaya Indonesia memang ada benarnya. GKI memang kaya, khususnya dalam hal keberagaman. Multi etnis adalah salah satu wujud kekayaan GKI yang saya maksudkan. Beragamnya latar belakang suku dan budaya dari warga jemaat menjadikan GKI seolah indonesia dalam versi mini. Ada warga jemaat yang berasal dari suku Jawa, Sunda, Madura, dan tidak sedikit yang berasal dari suku Nias, Ambon, Manado bahkan sampai wilayah paling timur Indonesia, Papua. Menarik, ada GKI yang bahkan mayoritas warga jemaatnya berasal dari salah satu suku asal Sumatera, yaitu suku Batak, sehingga secara berkelakar sering disebut “HKBP-nya GKI”

Kekayaan GKI dalam keberagaman, baik kepelbagaian etnis maupun bentuk-bentuk keberagaman lainnya, sudah sepatutnya disyukuri. Oleh karena potensi yg demikian memberi ruang serta peluang yang luas bagi GKI memenuhi panggilannya untuk menjadi gereja yang kehadirannya menjadi berkat di bumi pertiwi yang tercinta ini, gereja yang berdampak sercara konkrit bagi pembangunan masyarakat Indonesia yang bineka. Kekayaan tersebut juga sejatinya dirawat dan diberdayakan seoptimal mungkin untuk ikut mewujudkan Indonesia yang sejahtera dalam keharmonisan hidup bersama seluruh rakyatnya.

Menyukuri usia penyatuan GKI yang ke-29 maka ibadah hari ini mengajak seluruh warga jemaat untuk melanjutkan derap bersama dalam keberagaman. Bersatu padu, berderap satu, melangkah bersama untuk menjadi berkat bagi Indonesia. Itulah makna menjadi gereja Kristen Indonesia yang sejati. Ajakan itu kita senandungkan dalam nyanyian Mars GKI “BERDERAPLAH SATU” (NKB 230)
Berderaplah satu, pertegap langkahmu! Junjunglah panggilanNya, perjuangkan kasihNya!
Bergandengan erat, rintanganmu berat, „tuk masyhurkan berita perdamaian kekal. Kristus adalah Kepala G‟rejaNya, RohNya pun tetap membimbing umatNya. Berbarislah utuh, bersatulah teguh, hai seluruh Gereja Kristen Indonesia!

Majulah serentak dengan langkah tegap, dan berdoa, berkarya dalam hidup semesta! Dengan iman teguh, kerahkan dayamu, kebenaran wujudkan demi sesamamu! Kristus adalah Kepala G‟rejaNya, RohNya pun tetap membimbing umatNya. Berbarislah utuh, bersatulah teguh, hai seluruh Gereja Kristen Indonesia!

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *