Kebaktian Pra-Paskah 5

JIKA ENGKAU PERCAYA ENGKAU AKAN MELIHAT

Masa prapaskah adalah masa empat puluh hari persiapan paskah ( Quadragesima Paschae ). Masa ini telah ditetapkan  sejak awal abad ke 4 di Roma. Persiapan untuk menyongsong perayaan Paskah dicirikan dengan masa pertobatan ,berdasarkan tradisi yang berkembang pada akhir abad ke 4.Adapun pelaksanaannya dilakukan dengan berpantang dan berpuasa, biasanya dilakukan oleh pendeta dan umat.

Masa prapaskah ini terdiri dari 6 minggu,Minggu 02 April 2017 ini adalah minggu prapaskah V. Kebaktian dibuka dengan persembahan pujian oleh murid-murid Bimus dalam rangka HUT BIMUS  ke 10 dengan lagu medley “ Si Semut “ dan “ Joy to The World “ .Diikuti dengan penyalaan lilin Paskah ke 5 .

Pujian Pembukaan “Abadi tak Nampak” tak terhampiri terang tahtanya dari NKB 8: 1-4 dlantunkan umat dengan sepenuh suara. Setelah Votum dan Salam, Pnt. Doris dikebaktian 1 dan Pnt. Gretty di kebaktian 2 sebagai liturgos membacakan Nas pembuka dari Yohanes 9 : 3 “Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia”

Lagu sejenak Aku menoleh dari PKJ 244 : 1 – 2 ,dinyanyikan menyambut nas pembuka di pagi itu.

Tibalah saatnya umat diberikan kesempatan untuk mengakui dosa-dosa nya. NKB 12 : 1 – 3 pun dilantunkan. Menyambut Berita Anugerah, umat menyanyikan lagu “ Slamat di Tangan Yesus” dari KJ 388 bait yang 1 dan 2.

Bacaan pertama diambil dari Yehezkiel 37 : 1 – 14 dan mazmur tanggapan dari Mazmur 130 yang dibawakan oleh tiga orang cantor dari Bimus di lanjutkan dengan Bacaan kedua dari Roma 8 : 6 – 11.

Sketsa pagi ini menceritakan percakapan Mita dengan ayahnya yang tinggal di kampung Krekot,mengenai pergumulan Mita dengan suaminya Doni untuk urusan kantor dan pribadi . Doni yang bekerja di perusahaan produksi dan eskport kayu mendapat masalah perburuhan .Dimana ada buruh yang meninggal akibat kecelakaan di hutan .Doni begitu konsen dengan kondisi anak dan istri korban .Sketsa ditutup dengan acara makan malam antara ayah dan putrinya dan berpesan Harus percaya akan yang dilakukan Doni untuk perusahaan ,anak dan istri korban.

Bacaan Injil diambil dari Yohanes 11:1–45 tentang Lazarus dibangkitkan. Pdt.Em.Setiawan Oetama memulai kotbahnya dengan ilustrasi dari film anaconda cerita tentang ular phyton besar yang memakan manusia. Pada umumnya orang lihat dulu baru percaya bukan sebaliknya seperti tema kebaktian minggu ini .Dan beberapa ilustrasi lain seperti penemuan penemuan oleh Thomas Alfa Edison dan Cristhopher Columbus.

Bacaan injil perikop Lazarus dibangkitkan mengajarkan kita tentang kebangkitan orang mati. Yang mengarahkan kita seperti apa nantinya kebangkitan Yesus Kristus. Inti pengajaran siapa yang percaya beroleh hidup yang kekal.

Dan ilustrasi lainnya seperti syair lagu “ when you believe “  yang dibawakan duet oleh Whitney Houston dan Maria Carey dimana mujizat akan gagal kalau kita kurang percaya. Jika kita percaya kita melihat hal-hal kehidupan dibalik kematian .

Dalam kotbahnya Pdt.Em Setiawan Oetama diselingi oleh canda / dialog langsung dengan umat yang membuatnya menjadi lebih luwes dengan umat namun tetap santun  berwibawa.

Kotbah ditutup dengan persembahan pujian dari Bimus  dengan lagu “ Kupercaya Dia mati bagiku “ dan Jemaat menyanyikan lagu dari KJ 356

Lagu persembahan “Tabuh Gendang “ diambil dari KJ 292 bait   1 – 3  dilantunkan sebagai ungkapan syukur untuk setiap berkat yang sudah umat terima sampai saat ini.

Pada kebaktian umum 1 dihadiri oleh 408 umat ( 161 Pria dan 247 wanita),ada perkenalan atestasi masuk 5 orang anggota baru yang terdiri dari 2 orang pria dan 3 orang wanita , meraka berasal dari kebayoran baru , kepa duri , Yogyakarta dan Gunung Sitoli.

Pada kebaktian umum 2 ada pelantikan pengurus komisi komisi terdiri dari komisi Lansia , komisi Dewasa , komisi Musik dan komisi perlawatan, dan dihadiri oleh 703 umat ( 281 Pria dan 422 Wanita). Sedangkan di kebaktian 3 sore hari dihadiri oleh 196 umat ( 96 Pria dan 100 wanita).

Pujian “ Siapa yang Berpegang pada Sabda Tuhan” dari NKB 116  bait 1 sampai 5 dilantunkan menutup ibadah pagi itu dan menguatkan umat memasuki minggu yang baru di bulan April.

(Budiman, 020417)

Foto-foto selengkapnya bisa dilihat melalui link google photo dibawah ini:

https://goo.gl/photos/ZHDFBWMnTSr7BUyJA

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *